Desain Rumah Minimalis 40M2

Made Santika July 7, 2023
90+ Contoh Denah Rumah Minimalis 90m2 Rumah Minimalis
90+ Contoh Denah Rumah Minimalis 90m2 Rumah Minimalis

Mendesain sebuah rumah dengan luas yang terbatas membutuhkan kecermatan dan kejelian yang tinggi. Salah satunya adalah desain rumah minimalis dengan luas 40m2. Meski terbatas, rumah minimalis 40m2 bisa tetap terlihat luas dan nyaman jika didesain dengan baik. Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik dalam mendesain rumah minimalis 40m2 agar terlihat lebih luas dan fungsional.

1. Pilih Furniture yang Multifungsi

Furniture adalah salah satu elemen penting dalam desain rumah minimalis. Untuk rumah dengan luas 40m2, sangat penting untuk memilih furniture yang multifungsi agar bisa memaksimalkan penggunaan ruang. Misalnya, pilih sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur atau meja yang bisa dilipat menjadi ukuran yang lebih kecil. Dengan demikian, Anda bisa menghemat ruang tanpa mengorbankan kenyamanan.

2. Gunakan Warna Cerah

Warna bisa memberikan efek visual yang mempengaruhi persepsi ruang. Untuk rumah minimalis 40m2, pilihlah warna cerah seperti putih, krem, atau abu-abu terang untuk dinding dan langit-langit. Warna cerah dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang. Selain itu, hindari penggunaan warna gelap yang dapat membuat ruangan terlihat sempit dan sumpek.

Lihat Juga  Desain Muka Rumah Minimalis Terbaru

3. Gunakan Cermin

Cermin adalah salah satu trik efektif untuk membuat ruangan terlihat lebih besar. Pasang cermin di dinding yang strategis, misalnya di sebelah pintu atau di atas meja makan. Cermin akan mencerminkan cahaya dan memantulkan gambar ruangan, sehingga memberikan efek optik yang membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang.

4. Pilih Pintu Geser

Pintu geser adalah solusi yang tepat untuk rumah minimalis dengan luas terbatas. Pintu geser tidak membutuhkan ruang tambahan untuk membuka atau menutupnya, sehingga sangat cocok untuk ruangan yang sempit. Selain itu, pintu geser juga bisa memberikan kesan modern dan minimalis pada rumah Anda.

5. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik adalah kunci untuk membuat rumah terlihat lebih luas dan nyaman. Manfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin dengan memasang jendela yang besar atau skylight. Selain itu, tambahkan sumber pencahayaan tambahan seperti lampu dinding atau lampu meja untuk memberikan pencahayaan yang cukup di malam hari.

6. Pilih Perabot dengan Ukuran yang Proporsional

Ketika memilih perabot, pastikan Anda memilih perabot dengan ukuran yang proporsional dengan ruangan. Hindari menggunakan perabot yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk ruangan Anda. Perabot yang terlalu besar akan membuat ruangan terasa sempit, sementara perabot yang terlalu kecil akan membuat ruangan terlihat kosong dan tidak berfungsi.

7. Manfaatkan Ruang Vertical

Ruang vertical adalah ruang yang terdapat di dinding dan langit-langit yang sering kali terabaikan. Manfaatkan ruang vertical dengan memasang rak gantung, rak dinding, atau lemari dinding untuk menyimpan barang-barang Anda. Dengan memanfaatkan ruang vertical, Anda bisa menghemat ruang lantai dan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Lihat Juga  Contoh Desain Rumah Toko Minimalis

8. Gunakan Pintu Transparan

Jika memungkinkan, gunakan pintu transparan seperti pintu kaca atau pintu dengan panel kaca. Pintu transparan akan memberikan efek transparansi yang membuat ruangan terlihat lebih terang dan terbuka. Selain itu, pintu transparan juga bisa memberikan kesan modern dan elegan pada rumah minimalis Anda.

9. Buat Partisi yang Fleksibel

Jika Anda ingin membagi ruangan menjadi beberapa area, gunakan partisi yang fleksibel. Misalnya, gunakan rak atau tirai untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang tidur. Partisi yang fleksibel akan memungkinkan Anda untuk mengubah tata letak ruangan sesuai kebutuhan tanpa mengorbankan ruang yang berharga.

10. Pilih Material yang Terang dan Bersih

Material yang Anda gunakan juga dapat mempengaruhi kesan ruangan. Pilihlah material yang terang dan bersih seperti kayu berwarna terang atau keramik dengan warna netral. Hindari penggunaan material dengan pola yang terlalu ramai atau warna yang terlalu gelap, karena dapat membuat ruangan terlihat sempit dan berantakan.

11. Hindari Penggunaan Perabot yang Berlebihan

Hindari penggunaan perabot yang berlebihan dalam desain rumah minimalis 40m2. Perabot yang terlalu banyak akan membuat ruangan terasa sempit dan tidak nyaman. Pilihlah perabot yang benar-benar dibutuhkan dan hindari penggunaan perabot yang hanya akan memenuhi ruang tanpa memberikan manfaat yang signifikan.

12. Buat Ruang Terbuka

Jika memungkinkan, buatlah ruang terbuka di depan atau di belakang rumah minimalis Anda. Ruang terbuka akan memberikan kesan luas dan memberikan kesan alami pada rumah Anda. Anda bisa menambahkan taman kecil atau teras untuk menambah keindahan dan kenyamanan rumah minimalis Anda.

13. Pilih Penerangan yang Tepat

Penerangan yang tepat adalah kunci untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam rumah minimalis 40m2. Gunakan lampu dengan kekuatan yang sesuai untuk setiap area dalam rumah Anda. Selain itu, gunakan lampu dengan warna yang hangat untuk memberikan suasana yang nyaman dan menenangkan di dalam rumah Anda.

Lihat Juga  Desain Rumah Minimalis Modern 6X9

14. Buat Ruang Simpanan yang Efisien

Ruang simpanan yang efisien sangat penting dalam desain rumah minimalis 40m2. Manfaatkan ruang yang tersedia di bawah tempat tidur atau di dinding untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Selain itu, pilih lemari dengan desain yang cerdas dan fungsional untuk menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya.

15. Buat Ilusi Optik dengan Pola dan Cerah

Pola dan warna cerah dapat menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan terlihat lebih luas. Gunakan karpet dengan pola vertikal atau horizontal untuk memberikan efek visual yang memanjangkan atau melebarkan ruangan. Selain itu, gunakan warna cerah pada bantal, gorden, atau aksesoris lainnya untuk memberikan sentuhan cerah pada ruangan.

16. Pilih Peralatan yang Kecil dan Fungsional

Peralatan rumah tangga yang besar dan berat akan memakan banyak ruang di dapur atau ruangan lainnya. Pilihlah peralatan yang kecil dan fungsional, seperti rice cooker multifungsi atau blender mini. Peralatan yang kecil dan fungsional tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga memudahkan Anda dalam menggunakannya.

17. Manfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Banyak orang mengabaikan ruang di bawah tangga, padahal ruang ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Anda bisa membuat lemari penyimpanan di bawah tangga atau membuat rak untuk menyimpan sepatu atau barang-barang lainnya. Dengan memanfaatkan ruang di bawah tangga, Anda bisa menghemat ruang lantai dan membuat rumah terlihat lebih rapi.

18. Buat Kesan Simetris

Kesan simetris dapat memberikan kesan r

Dibawah ini adalah beberapa contoh untuk gambar 90+ Contoh Denah Rumah Minimalis 90m2 Rumah Minimalis:

Made Santika

Berbagi banyak hal terkait teknologi termasuk Internet, App & Website.

Leave a Comment

Artikel Terkait